Buah Merah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Manusia Khususnya OAP - Papuan Herbalism

Selasa, 22 Mei 2018

Buah Merah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Manusia Khususnya OAP

Ilustrasi - Google
Papua merupakan kepulauan yang sangat kaya akan sumber daya alam hayati. Salah satu tanaman endemik Papua yang telah dibudidayakan dan dimanfaatkan secara turun temurun sebagai makanan yaitu buah merah (Pandanus conoideus lamk). 

Buah merah digunakan pada kehidupan sehari-hari sebagai penambah saus pada sayur-sayuran dan sebagai suplement untuk menjaga daya tahan tubuh dan pengobatan penyakit tertentu. 

Dalam jurnal Sarungallo et al (2015) buah merah mengandung β-karoten dan a-tokoferol sehingga minyak buah merah punya potensi sebagai sumber alternatif karotenoid dan tokoferol.Telah diketahui bahwa karotenoid dan tokoferol merupakan sumber antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal berbagai penyakit. 

Dutta D et al (2005) dan Ball G.M.F. (2000) yang dikutip oleh Roreng M,K, (2014) mengatakan karotenoid dapat mencegah beberapa penyakit degeneratif dan kronis seperti hiperkolesterolemia dan penyakit jantung yang disebabkan oleh Aktivitas antioksidan karotenoid yang mampu menghambat radikal bebas. 

Kemudian senyawa β-karoten adalah karotenoid utama dengan aktivitas provitamin A yang berfungsi untuk kesehatan mata, diferensiasi jaringan, reproduksi, dan imunitas. Selain itu dalam penelitian Budi dan Paiman (2005) diketahui bahwa buah merah mengandung total tokoferol 11.000 ppm. Tokoferol (Vitamin E) dikenal sebagai senyawa antioksidan yang ampuh mencegah penyakit. Senyawa tersebut merupakan senyawa aktif penangkal terbentuknya radikal bebas dalam tubuh dan juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.
Ilustrasi - Google


Untuk itu jika kita melihat ke Papua banyak masyarakat disana, terlebih khususnya yang berada di pegunungan tengah Papua mempunyai imunitas yang cukup tinggi. 

Dengan menggunakan KOTEKA dan SALI tanpa menggunakan pakaian ataupun jaket yang tebal masyarakat disana dapat hidup dan beraktifitas seperti biasanya tanpa terserang penyakit akibat cuasa dan lain sebagainya.

Sehingga diharapkan dengan membaca tulisan ini pembaca dapat mengetahui manfaat buah merah bagi kesehatan tidak hanya secara umum, tetapi mengetahui juga kandungan aktif yang menyebabkan buah merah sangat bermanfaat bagi kesehatan khususnya bagi OAP yang sudah sering mengkonsumsi buah merah. 

Semoga bermanfaat wa,,wa,,wa,,😊

2 komentar:

  1. manfaatnya hebat, kini org papua gunung tidak harus beli hobat lagi di Apotik, atau rumah sakit terdekat, karena buah MERAH kasihatnya terlalu Tinggi.

    BalasHapus